PROFIL

Bank Sampah Malang (BSM) adalah suatu lembaga yang berbadan hukum koperasi yang pendiriannya difasilitasi oleh Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan untuk membantu dalam hal pemberdayaan masyarakat untuk ikut serta aktif dalam pengolahan sampah dari sumbernya (rumah tangga). Seiring perjalanan waktu BSM menjadi mitra Kota Malang dalam hal membina, melatih, mendampingi dalam pengolahan sampah 3R (reduce, reuse and recycle) masyarakat Kota Malang yang mandiri dilihat dari biaya operasional yang dapat dibiayai sendiri.



Gerakan BSM yang menggunakan pendekatan ekonomi saat ini sudah dapat merubah mindset tentang sampah yang dulunya sumber masalah sekarang telah berubah menjadi sampah adalah rupiah (berkah), merubah perilaku yang dulunya masyarakat membuang sampah di tong sampah ataupun di sungai sudah berubah sampah disetor ke BSM untuk dijadikan rupiah, dan menjadikan lingkungan yang bersih dan sehat seiring dengan perubahan mindset dan perilaku yang sudah menjadi budaya.



Gerakan BSM yang dimaksud di atas pada umumnya di peruntukkan untuk seluruh Masyarakat secara luas, dan untuk Ibu rumah tangga pada khususnya. Salah satu alasannya di karenakan sumber sampah berasal dari rumah tangga dimana pengelola rumah tangga tersebut adalah para ibu. Ibulah yang berperan utama dalam pemilahan sampah pada tiap-tiap rumah tangga. Begitu pentingnya peran sebagai ibu, semestinya para ibu senantiasa selalu menjaga kesehatannya demi keluarga dan juga perannya di masyarakat.