BLH Mengimbau Masyarakat mendirikan Bank Sampah

  • 10 April 2018

  • Notice: Undefined index: postmapcache_kanal in /var/sentora/hostdata/bsm/public_html/banksampahmalang_com/tpl/__blog.php on line 9

    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /var/sentora/hostdata/bsm/public_html/banksampahmalang_com/tpl/__blog.php on line 11

    Notice: Undefined variable: f in /var/sentora/hostdata/bsm/public_html/banksampahmalang_com/tpl/__blog.php on line 20

    Notice: Undefined variable: f in /var/sentora/hostdata/bsm/public_html/banksampahmalang_com/tpl/__blog.php on line 20

Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, mengimbau masyarakat untuk mendirikan bank sampah agar tidak terbuang percuma dan mencemari lingkungan. Kepala BLH Kabupaten Bone Bolango, Hasan Limonu, Selasa, mengatakan bahwa pemasalahan sampah merupakan salah satu titik fokus yang terus disosialisasikan kepada masyarakat. "Saat ini kita sudah memiliki tiga unit Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recyle (TPS3R)," ungkap dia.

Namun baru satu unit, yaitu TPS3R Permata yang beroperasi secara penuh, sedangkan yang berada di Dutohe Barat baru dibangun dan di Ayula belum beroperasi serta masih membutuhkan proses sosialisasi. "Dengan adanya bank sampah, masyarakat bisa mengolah bahkan mengubah sampah menjadi uang serta dapat meningkatkan perekonomian mereka," ucapnya. Di bank sampah sendiri, katanya, masyarakat bisa menampung kertas bekas, kardus, besi, botol plastik, tembaga, aki bekas serta botol kaca.

Kehadiran Bank Sampah dapat menurunkan jumlah sampah yang terbuang di daerah itu. Jika terkelola dengan baik, maka sampah tidak akan menjadi beban dan dapat berguna dan bernilai ekonomi bagi masyarakat. Namun Hasan mengakui bahwa kekurangan armada pengangkut sampah untuk melayani masyarakat di daerah itu. Saat ini BLH Kabupaten Bone Bolango hanya memiliki dua unit armada truk pengangkut sampah.


SUMBER : https://gorontalo.antaranews.com/berita/50138/blh-mengimbau-masyarakat-mendirikan-bank-sampah